Minggu, 30 Oktober 2011

Bagaimana ya rasanya di khitbah ???

Setau aku , di banda aceh itu Cuma punya 2 musim , musim panas sama  musim hujan doank . tapi di tahun 2011 ini , tepatnya di fk , musim baru nambah satu lagi , musim khitbah dan nikah . hmm , kalo udah bicarain ini . siapa sih yang gak mau , apalagi wanita . semua wanita pasti penasaran dan pingin untuk ngerasain cepat-cepat di khitbah oleh sang pangeran hati . aku sendiri sih penasaran sama misteri khitbah , gimana sih rasanya ?? seindah di hawai kah ..

waktu kuliah tentang anak yang kebetulan dosennya telat , aku dan salah satu temanku cerita tentang temennya yang baru saja dikhitbah . kalo udah topikny gituan , bawaannya mau senyum ga jelas aja . hihihihi . maklum , kalo dosen udah telat apalagi satu jam . timbang nunggu2 ga jelas , mending cerita khitbah (dasar cewek . hehehe) . nah ,  hari itu juga aku langsung googling aja tu si khitbah , ni dia hasilnya

KHITBAH. Kata khitbah dalam terminology arab memiliki 2 akar kata. Yang pertama al-khithab yang berarti pembicaraan dan yang kedua al-khathb yang artinya persoalan, kepentingan dan keadaan. Jadi, jika dilihat dari segi bahasa khitbah adalah pinangan atau permintaan seseorang (laki-laki) kepada perempuan tertentu untuk menikahinya. Makna khitbah menurut istilah syariat tidak keluar dari makna bahasa tadi.

Dalam islam, seorang laki-laki berhak meminang perempuan yang diinginkan menjadi istrinya, demikian pula seorang perempuan boleh meminang laki-laki yang diinginkan menjadi suaminya. Khitbah dalam pandangan syariat , bukanlah suatu akad atau transaksi antara laki-laki yang meminang dengan perempuan yang dipinang atau pihak walinya. Khitbah bukanlah suatu ikatan perjanjian antara kedua belah pihak untuk melaksanakan pernikahan. Khitbah tidak lebih dari sekedar permintaan atau permohonan untuk menikah.

Khitbah sudah sah dan sempurna hanya dengan ungkapan permintaan itu saja, tanpa memerlukan syarat berupa jawaban pihak yang dipinang. Sedangkan akad baru dianggap sah apabila ada ijab dan qabul (ungkapan serah terima) kedua belah pihak.

Dengan diterimanya sebuah pinangan baik oleh perempuan maupun oleh walinya, tidak bermakna telah terjadi ikatan perjanjian atau akad diantara mereka. Ibarat orang hendak naik kereta api, khitbah hanya bermakna "pesan tempat duduk" yang nantinya pada saat jadwal kereta berangkat ia akan menduduki tempat tersebut sehingga tidak diduduki orang lain.


tapi , kalo udah masalah ginian , biasanya anak cowok ogah ngebicarain hal ini . beda dengan para-para cewek yang udah kalo bicarain khitbah bawaannya gamau berenti kayak mesin pemotong rumput ..
ukhti , walaupun semua wanita ingin merasakan khitbah , kayaknya ga boleh asal-asalan juga , kayak misalnya terlalu pingin , jadi siapapun yang mengkhitbah asal diterima saja tanpa pemikiran yang matang dan mengenali personalnya lebih dalam , karna lelaki yang kita pilih bukan hanya bakalan jadi kebahagiaan masa depan kita , tetapi juga bakalan ngebimbing dan jadi imam kita untuk akhirat kelak :)

di satu sisi ketika aku melihat temanku yang sudah menikah dan pastinya sudah merasakan di khitbah , tersirat pinginnnnnnnnnnnnn skali juga merasakannya ..
apalagi ketika bosan melanda karna terlalu sibuk kuliah dan ketika bosan yang menciptakan suasana sepi , langsung tuh terkadang pingin di khitbah dan menikah ..

tapi , ada beberapa langkah yang dapat membantu dan harus difikirkan terlebih dahulu dalam proses menerima khitbah an dari sang pangeran (ciee ileee) :
1.melengkapi persiapan diri (niat yang kuat)
2.memilih calon yang seiman dan seakidah
3.berbekal restu orang tua
4.saling memperkenalkan diri
5.melibatkan orang yang dipercaya
6.berdo'a dan bertawakal


kalo ngeliat film-film kayak di KCB misalnya , aduhh , hati aku benar-benar tersentuh banget sama kisah percintaannya . jujur ya , kalo aku sendiri sih pingin banget ngerasain dijodohin , bukan pingin sih , eh iya deng pingin . tapi dengan satu syarat , yang ngejodohin harus orang yang berintelektual dan agamanya bagus . kayak abang aku misalnya . hwehee . dan aku rasa pun pacaran setelah menikah itu kayaknya ada sesuatu yang berbeda . hihihi (mudah2an kayak gitu) . tapi gak tau juga dehh ya gimana aku ntarr , ga janji soalnya ..

ada istilah " orang yang baik akan diberi pasangan yang baik sama Allah " . intinya menurut aku , kalo kita pingin dapet pasangan yang baik dan perfect , kita sendiri juga harus mengubah diri untuk jadi orang yang baik juga . ya jadi mulai sekarang harus berusaha jadi yang terbaik . ya seenggaknya usaha laa . hwehee

bagi kita-kita yang belum cukup waktu untuk menikah dan merasakan khitbah , dari sekarang harus mencoba mematangkan diri untuk persiapan nantinya . kita semua pasti akan ngerasain koq , ya tinggal nunggu waktunya aja kapan sama persiapan diri kita , ya kann guys :D
sekarang ya mikir kuliah aja dulu dehh , aku yakin , pasti Allah udah nyusun dan menata hidup aku yang sangat indah ini dengan serapi-rapinya . Allah pasti bakalan memberi suatu keindahan yang gak bakalan aku sangka-sangka :)

dan jangan lupa , berusaha jadi yang terbaik yaa , hihihi ^^

2 komentar: